Menolong, Mengabdi, Prestasi #SiamoPaMeRa.

------------------------------Together We Care-----------------------------

Senin, 14 Agustus 2017

Jumbara Provinsi 2017


Tanggal 22 Juli 2017, kota Pati menjadi panitia lokal dalam kegiatan jumbara provinsi tahun 2017. Kegiatan Jumbara provinsi sendiri diadakan selama 6 hari, yaitu dibuka tanggal 22 Juli 2017 dan ditutup tanggal 27 Juli 2017. Kegiatan ini diselenggarakan oleh PMI yang bertujuan agar para anggota PMR dari asal daerah yang berbeda-beda dapat mengikat tali persaudaraan, menjalin silaturahmi, dan juga bertukar ilmu satu sama lain. Lokasi yang digunakan untuk kegiatan jumbara ini tepatnya ada di Bumi Perkemahan Regaloh, Tlogowungu, Pati, Jawa Tengah. Selain jumbara, kabupaten Pati juga mengadakan parade budaya yang dilaksanakan tanggal 26 Juli 2017.
Kegiatan ini diawali dengan pelatihan dari PMI. Dari bulan mei sampai juli setiap sabtu sampai minggu peserta bermalam di PMI. Untuk Jumtek (Jumbara dan temu karya) Jawa Tengah 2017 ada 2 peserta yaitu PMR dan KSR (Korps Sukarela). PMR yang ikut ada 36 mulai dari tingkatan mula, madya, dan wira. Setiap tingkatan ada 12 anak dari sekolah-sekolah sekabupaten Pati, SMA NEGERI 1 PATI mengirimkan 2 peserta, yaitu Karien Alifatullaili dan Luluk Nur Fadhilah.
Jumtek dimulai tanggal 22 Juli 2017 diikuti oleh 35 kabupaten dan kota se-Jawa Tengah. Hari pertama untuk kontingen Pati diadakan arak-arakan dari PMI hingga ke buper Regaloh. Setiap pagi diadakan senam pagi, disitu juga digunakan sebagai ajang yel-yel dari setiap kontingen. Hari kedua diadakan upacara dan pembukaan, pembukaan tersebut dihadiri oleh bapak gubernur. Mulai malam kedua hingga terakhir dilaksanakan kegiatan edutainment. Peserta yang tergabung dalam youthstation memiliki 2 aspek penilaian yaitu tes tertulis dan presentasi kelompok.
Dalam jumbara sendiri terdapat penampilan kesenian daerah yang dibuka oleh band-band SMP dan SMA sekabupaten Pati. Kontingen Pati menampilkan semacam drama musikal. Kemudian di hari kelima jumbara diadakan kegiatan anjangsana, yaitu berkunjung ke tenda kontingen lain dengan membawa bingkisan. Setiap kontingen ada tempat untuk menjamu tamu dengan makanan khas daerahnya masing-masing. Setiap malam, kontingen Pati menyediakan nasi gandul, nasi tewel, tape sukolilo, soto kemiri secara bergiliran.
Dari kegiatan jumbara tersebut kontingen Pati mendapatkan juara umum dengan PMR juara 2 dan KSR juara 1. Dari kegiatan tersebut banyak peserta yang mengakui kekeluargaan selama berada dalam kegiatan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Fan Page PaMeRa

PaMera's Slide

Follower PaMeRa

Tweet of PaMeRa