Menolong, Mengabdi, Prestasi #SiamoPaMeRa.

------------------------------Together We Care-----------------------------

Rabu, 02 November 2016

Pertolongan Pertama Part II


 Pertolongan Pertama

#BagianII

Pada bagian sebelumnya telah dibahas tentang penilaian keadaan. Kali ini yang akan kita bahas adalah penilaian dini. Penilaian dini dimualai dengan pemariksaan respon. Pemberian respon kepada korban dibagi menjadi 4 tingkatan, yaitu Awas, Suara, Nyeri, Tidak Respon (ASNT).

Respon awas adalah pemerikasaan apakah korban sadar dan mengetahui keberadaannya. biasanya korban tanggap terhadap orang, waktu dan tempat. Beberapa korban mungkin terkesan sadar penuh tetapi tidak menyadari keadaan lingkungan atau dimana mereka berada.


Respon berikutnya adalah respon suara. Pada bagian ini korban hanya bisa menjawab atau bereaksi bila dipanggil atau mendengar suara. Beberapa korban bahkan tidak dapat menjawab mengenai tempat dan waktu. Mungkin saat itu mereka sedang mengalami kasus medis. Korban tidak pelu mampu menjawab namun dapat mengikuti perintah sederhana. Pemberian respon suara dilakukan dengan memanggil orang tersebut.

 Jika korban tidak memeberikan respon, maka yang harus kita lakukan adalah memberika respon. Caranya adalah dengan menggoyangkan bahu korban atau menepuk-nepuk pipi korban untuk mengetahui apakah korban sadar atau tidak.




Jika korban tidak memberikan respon suara maupun respon dekat, penolong harus melakukan respon nyeri. Respon nyeri bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan cara mencubit lengan atas bagian dalam atau di sekitar ketiak (respon nyeri lengan atas) dan menekan ulu hati atau bagian tengah tulang dada (respon nyeri ulu hati). Pemberian respon nyeri ulu hati dilakukan jika korban tidak mengalami cedera pada tylang dada. Reaksi yang mungkin bisa dilihat ketika diberi ransang nyeri adalah membuka mata, erangan, melipat atau menjatuhkan alat gerak, dan gerakan ringan lainnya.



Jika korban tidak berekasi dengan rangsang apapun yang dilakukan penolong, maka penolong harus segera melakukan penatalaksanaan penanganan jalan nafas dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Fan Page PaMeRa

PaMera's Slide

Follower PaMeRa

Tweet of PaMeRa