Menolong, Mengabdi, Prestasi #SiamoPaMeRa.

------------------------------Together We Care-----------------------------

Rabu, 21 September 2016

Kegiatan Pendadaran PMR tahun 2016 (Bagian I)

Bagian I
Hari Sabtu, tanggal 3 September 2016

Kegiatan pendadaran PMR dilakukan dari tahun ke tahun, yakni ketika akan terjadi pergantian atau pergiliran tugas dari W3 ke W2 dan dari W2 ke W1. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat keseriusan para calon W1 yang akan dilantik dengan melakukan beberapa tes dan evaluasi tentang tugas dan materi dari kegiatan PMR di SMA N 1 PATI.

Kegiatan pendadaran kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya kegiatan pendadaran dilakukan selama 2 hari 1 malam, namun pada tahun ini kegiatan pendadaran dilakukan selama 2 hari, yakni pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 3 dan 4 September 2016 karena kebijakan baru dari sekolah yang melarang kegiatan sekolah pada malam hari dan diharuskan sekolah steril (tidak ada kegiatan) mulai pukul 5 sore.


Kegiatan pendadaran PMR SMA N 1 PATI disini seru sekali loh! Pertama, kami melakukan upacara pembukaan kegiatan pendadaran di Lapangan Belakang dengan pembina Bapak Totok Hery Winarto,  S.Th, M.Th selaku pembina kegiatan PMR di SMA N 1 PATI.



Setelah itu, para calon W1 diharuskan untuk mengerjakan soal tertulis yang telah disiapkan oleh kami (W2) di lapangan belakangan juga. Terlihat suasana tegang tersirat di wajah para calon W1 PMR SMA N 1 PATI ini.



Waktu 15 menit telah usai untuk mengerjakan soal. Selanjutnya para calon W1 diberi waktu untuk beristirahat dan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh pembimbing kami dari PMI Pati, Kak Dik nama panggilannya.



Setelah itu dilanjutkan dengan tes PK (Perawatan Keluarga) yang bertempat di lapangan basket dengan kami (W2) sebagai penilai kebenaran dan ketepatan para calon W1 dalam melakukan Perawatan Keluarga tersebut dan memantau apakah para calon W1 memperhatikan pemberian materi dari kami (W2) dengan baik dan seksama.


Selain pemberian materi dan beberapa tes kepada para calon W1, kami (W2) juga mengadakan beberapa permainan seru agar para calon W1 tidak terlalu tertekan dengan kegiatan pendadaran PMR. Beberapa permainan yang kami adakan diantaranya “Si Buta, Si Tuli, dan Si Bisu” yang dipandu oleh kak Rikha. Permainan ini menggunakan air sebagai ‘tokoh’ utamanya, sehingga banyak calon W1 yang terkena tumpahan air yang dibawa oleh ‘Si Buta’ ketika memainkan permainan tersebut.


Permainan yang kami adakan lainnya adalah “Imajinasi Sapu” yang dipandu oleh kak Fatika. Permainan ini hanya membutuhkan sapu sebagai ‘tokoh’ utamanya, namun permainan membutuhkan kekuatan pikiran serta imajinasi yang tinggi dari para calon W1 untuk mengatakan benda apa yang mirip dengan sapu menurut fungsi dan bentuknya. Serta ada beberapa permainan lainnya yang tak kalah seru dari permainan yang telah disebutkan di atas.



           Setelah seru-seruan dengan permainan, kegiatan yang selanjutnya adalah pembacaan surat cinta yang sebelumnya telah ditulis oleh para calon W1 untuk kami (W2) yang disukai atau diidolakan oleh mereka. Surat cinta yang terpilih akan dibacakan secara langsung oleh ‘si pembuat’ di tengah lapangan. Tentunya si teruntuk’ surat alias W2 yang menerima  surat itu juga harus maju ke depan untuk mendengar langsung pengakuan dari ‘si pembuat’ surat tersebut.


Tak terasa, matahari telah menyongsong ke barat, waktunya untuk kami (W2) dan para calon W1 untuk pulang. Tak lupa kami (W2) memberikan nasehat kepada para calon W1 untuk menyiapkan fisik serta mental untuk kegiatan pendadaran di hari berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Fan Page PaMeRa

PaMera's Slide

Follower PaMeRa

Tweet of PaMeRa