Menolong, Mengabdi, Prestasi #SiamoPaMeRa.

------------------------------Together We Care-----------------------------

Senin, 19 Juli 2010

PMI Diminati Anak-anak


PMI turut menjadi pengisi masa liburan sekolah anak-anak. Dalam kegiatan Pameran Bobo Fair 2010 yang diselenggarakan oleh Kompas Gramedia Group, PMI menyuguhkan stand spesialnya di Main Lobby, Jakarta Convention Center sepanjang 30 Juni-4 Juli 2010. PMI menyediakan arena bermain dengan konsep edukatif. Bermain sambil mendapatkan ilmu kesiapsiagaan bencana, mulai dari siaga bencana longsor, banjir, gempa bumi, dan bahaya tsunami.

Stand pameran PMI dengan dinding sepanjang 9 meter dihiasi dengan lembar gambar komik REMI yang diambil dari cuplikan serial REMI di berbagai edisi Majalah Suara PMI. Diruang tengah, digelar permainan Ular Tangga Siaga Bencana berukuran 6 meter. Arena permainannya yang penuh warna cerah, berhasil menarik perhatian para pengunjung yang dominan anak-anak usia 3 tahun -15 tahun. Dalam kegiatan ini, PMI juga melakukan kegiatan kampanyenya melalui konsep Mini Workshop khusus untuk anak-anak pengunjung pameran. Sebanyak 6-10 anak-anak berkumpul dan bersama-sama mendengarkan para petugas pameran PMI menceritakan berbagai program PMI melalui flipchart bergambar dengan aneka warna.

Konsep sosialisasi program PMI dalam Pameran Bobo Fair, dirancang dengan model yang paling sederhana dalam cara penyampaiannya. Untuk pengunjung anak-anak, semuanya disampaikan melalui cerita dan gambar bahkan sambil bermain dan bernyanyi sama-sama.

”Senang! Aku bisa menjawab pertanyaan sampai finish,” ujar Poppy, murid SD Cawang 03 pagi, jakarta yang menjadi salah satu pengunjung stand pameran PMI. Anak perempuan usia 8 tahun ini, terlibat seru dalam permainan Ular Tangga Siaga Bencana PMI.

Melalui konsep ini, PMI mengharapkan agar anak-anak banyak tahu tentang berbagai bencana alam dan kesiapsiagaannya. Tak hanya itu, anak-anak pengunjung pameran juga menyimak dengan baik, bagaimana cara mengobati luka dengan cara yang benar.

”Pengunjung anak-anak ke stand pameran PMI sampai hari ini ada sekitar 300 orang. Mereka ternyata juga ingin tahu lebih banyak tentang siaga bencana, pertolongan pertama, bahkan tentang tes darah,” ucap Nur Mala Sari, satu dari 7 petugas pameran yang juga anggota Korps Sukarela PMI Jakarta Barat, di stand pameran PMI, Jumat (2/7).


Memasuki hari ke-3, PMI menggelar Aksi Donor Darah lengkap dengan tes darah untuk anak-anak. Tim dari Unit Donor Darah DKI Jakarta mengerahkan delapan personil termasuk satu orang dokter dan 2 aftaper (petugas penyadap darah). Ruang tengah stand pameran PMI yang kemarin menjadi arena bermain anak-anak, seketika menjadi tempat dibukanya 4 velbed untuk Aksi Donor Darah PMI yang digelar hanya satu hari di acara Bobo Fair 2010, Jumat(2/7).

Untuk anak-anak, ruang pojok bermain tetap disediakan agar semua pengunjung anak-anak bisa bermain sambil mengikuti tes golongan darah. Tercatat hingga siang tadi ada 23 anak yang berani mengikuti tes golongan darah di stand pameran PMI.

Acara ini akan terus berlangsung dengan aneka kegiatan. Sabtu dan Minggu esok (3-4 Juli), PMI akan menggelar mini workshop tentang tata cara cuci tangan dan promo kegiatan PMR Mula.*


(Dok. Foto Oleh Satria Loka Widjaya, KSR PMI Jakarta Barat)
Sumber : http://www.pmi.or.id/ina/news/?act=detail&p_id=487

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Fan Page PaMeRa

PaMera's Slide

Follower PaMeRa

Tweet of PaMeRa